Workbook. Microsoft Excel


    Dengan mengaktifkan Microsoft Excel kita dapat langsung bekerja dengan workbook (buku kerja) yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.
   Buku kerja ini terdiri dari 3 lembar kerja (worksheet) yang masih kosong. 3 lembar kerja itu dapat kita lihat dibagiab kiri bawah dari program Microsoft Excel yang sudah kita aktifkan.


  1. Menambah worksheet atau lembar kerja.

     Ada 2 cara untuk menambahkan lembar kerja, yaitu :

  • Menggunakan ikon Insert Worksheet. Ikon ini terdapat pada sebelah kanan dari Sheet 3. Tinggal kita klik saja sesuai dengan jumlah Sheet yang akan kita tambahkan.
  • Menggunakan fasilitas Insert Sheet pada Tab Home Grup Cell.Klik Insert yang terletak pada Tab Home Grup Cells, sehingga akan muncul beberapa pilihan. Lalu, klik Insert Sheet, untuk menambahkan Worksheet baru.
2.  Mengganti nama worksheet atau lembar kerja
    Ada 2 cara mengganti nama workshhet, yaitu :

  • Klik kanan pada Sheet yang akan di ubah namanya, lalu pilih rename. Lihat pada nama lembar kerja, lalu hapus nama dan ketikkan nama lembar kerja baru, setelah itu tekan Enter.
  • Menggunakan fasilitas Rename Sheet pada Tab Home Grup Cells. Klik ikon format yang ada oada Tab Home Grup Cells, lalu kita pilih Rename Sheet. Lihat pada nama lembar kerja, lalu hapus nama dan ketikkan nama lembar kerja baru, setelah itu tekan Enter.

3.  Menghapus Worksheet atau lembar kerja
     Kita harus hati-hati dalam menghapus lembar kerja. Karena jika kita salah dalam menghapus maka data yang sudah kita buat dalam lembar kerja tersebut akan ikut hilang. Ada 2 cara untuk menghapus worksheet, yaitu:

  • Klik kanan pada Sheet yang akan dihapus, kemudian pilih delete. Jika pada worksheet yang akan kita hapus ternyata sudah ada datanya, maka Microsoft Excel akan memberikan peringatan apakah kita benar-benar akan menghapus worksheet tersevut. Jika memang ingin dihapus maka kita pilih delete tapi jika tidak ingin di hapus pilih Cancel.
  • Menggunakan fasilitas Delete Sheet pada Tab Home Grup Cells. Kita pilih lembar kerja yang akan kita hapus, kemudian klik ikon Delete yang ada pada Tab Home Grup Cells, lalu pilih Delete. Jika pada worksheet yang akan kita hapus ternyata sudah ada datanya, maka Microsoft Excel akan memberikan peringatan apakah kita benar-benar akan menghapus worksheet tersevut. Jika memang ingin dihapus maka kita pilih delete tapi jika tidak ingin di hapus pilih Cancel. Dan lembar kerja akan terhapus

Terima kasih telah mengunjungi blog kami

By : Devi Chitasari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian-bagian dalam lembar kerja Microsoft Office Word

Fasilitas Print Preview