Jaringan Komputer

Secara umum, jaringan komputer berdasarkan jangkauannya terdiri dari empat jenis, yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN) dan jaringan internet.
1.     Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. Contohnya jaringan komputer kampus, gedung atau yang lebih kecil. LAN ialah jaringan milik ribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan untuk memakai bersama sumber daya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Saat ini, LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
Pada sebuah LAN, setiap komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperi printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
          LAN mempunyai karakteristik sebgaai berikut :
a.     Mempunyai pesat data yang lebih tinggi,
b.     Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit,
c.      Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang di sewa dari operator telekomunikasi.
2.     Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data bekecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi sepert kampus, perkantoran, pemerintahan dan lain-lain. Jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan MAN ini antara 10 sampai 50 km.
MAN ialah jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota. Dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3.     Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar. Misalnya jaringan komputer antar wilayah, kota atau negara. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna dan komputer  di lokasi yang lain.
Wide Area Network memiliki jangkauan mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan meisn-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4.     Internet
Internet (interconnection network) ialah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet terbesar dinamakan internet.

By : Devi Chitasari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian-bagian dalam lembar kerja Microsoft Office Word

Fasilitas Print Preview