E-mail (electronic mail)

     Email atau electronic mail merupakan jenis layanan di internet yang paling populer. Dengan menggunakan email, kalian dapat saling berkirim surat atau berita dengan teman-teman dimanapun dan kapanpun mereka berada. Layanan Email juga membuat kalian dapat mengirimkan lampiran berubah file yang berisi gambar atau tulisan. Hanya dalam hitungan detik, surat yang kalian tulis akan sampai di kotak surat elektronik milik teman kalian.
     Email kalian juga dilengkapi dengan Mail box atau kotak surat elektronik yang dapat menampung surat-surat yang dikirim kepada kita. Mail box ini cukup besar untuk menampung surat dalam bentuk teks beserta dengan lampirannya. Selain itu, Mail box ini aman dan terlindungi dengan password. Bila diperlukan, surat-suart tersebut dapat kalian telusuri di kemudian hari.
     Ada 3 jenis Email yang dapat digunakan oleh pengguna Internet, yaitu:
a. Pop Mail
Pop Mail adalah email yang berbasis client. Kita dapat menulis dan mengolah email tanpa harus terhubung dengan internet. Kita memerlukan koneksi dengan internet hanya pada saat proses pengiriman dan penerimaan email. Untuk memakai email jenis ini kita memerlukan software khusus untuk Pop Mail misalnya Microsoft Outlook dan Eudora.
b. Email Forwarding
Pada prinsipnya email forwarding merupakan layanan Email yang digunakan untuk meneruskan email ke alamat email yang lain. Email forwarding sangat cocok untuk kita yang sering berganti-ganti alamat email atau kita yang mempunyai banyak alamat email. Dengan email forwarding, kita dapat menyembunyikan alamat email kita yang asli. Alamat yang akan ditampilkan adalah alamat email forwarding tersebut.
c. Web Based Mail
Web Based Mail adalah email yang berbasis web, di mana semua kegiatan surat-menyurat dilakukan melalui web mail. Untuk dapat menggunakan email jenis ini, kita harus terhubung dengan internet terlebih dahulu.

By: Devi Chitasari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian-bagian dalam lembar kerja Microsoft Office Word

Fasilitas Print Preview