Mesin Pencari (Search Engine)

Internet sebagai sumber informasi yang sangat besar memuat jutaan informasi. Oleh karena itu, jika membutuhkan artikel-artikel tertentu pasti akan sulit bila harus mengecek satu persatu. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Di Internet tersedia mesin pencari yang dapat digunakan untuk melacak alamat dari artikel-artikel tersebut. Teknik pencariannya juga beragam, bisa berdasarkan kata kunci, kategori, maupun frasa.
1. Pelacakan alamat berdasarkan kata kunci melalui mesin pencari
Kita dapat memanfaatkan fasilitas mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Baidu atau yang lain. Jika ingin mahir mencari informasi di Internet,  kita perlu selalu mencoba menggunakan fasilitas mesin pencari dan belajar merumuskan kata kunci yang tepat. Untuk melakukan pelacakan terhadap alamat-alamat URL dari situs-situs search engine, ikutilah beberapa langkah berikut:
Pastikan bahwa kita sudah mempersiapkan sebuah layanan mesin pencari.
Rumuskan dan ketikanlah sebuah kata kunci pada tempat yang telah tersedia . Mesin pencari akan menyajikan semua judul halaman berikut alamat URL yang memuat informasi yang mengandung kata kunci tersebut.
Kita akan memperoleh  daftar judul halaman (page title) dan alamat URL yang memuat artikel yang mengandung kata kunci biologi tersebut.
Jika ingin mendapatkan informasi selengkapnya dari judul halaman tersebut, kliklah salah satu hyperlink.
Jika ingin kembali ke halaman yang hanya menyajikan daftar judul halaman, kliklah tombol anak panah (Back) pada bagian kiri atas layar.
2. Pelacakan alamat berdasarkan kategori melalui mesin pencari
Kalian dapat memanfaatkan fasilitas mesin pencari untuk melacak alamat-alamat berdasarkan kategori tertentu. Berikut cara melacak informasi  berdasarkan  kategori  tertentu:
Ketikan kategori tertentu pada form yang telah disediakan pada situs mesin pencari. 
Setelah beberapa saat, kalian akan mendapatkan daftar artikel beserta alamat URL-nya untuk kategori tertentu.
Untuk melihat artikel dengan kategori secara keseluruhan, gerakanlah scrollbar.
Jika ingin melanjutkan ke halaman kedua dari daftar artikel, klik lah angka 2 dari pilihan halaman hasil atau klik nomor halaman lain yang kalian inginkan.
3. Pelacakan alamat berdasarkan frasa melalui mesin pencari
Pencari mesin pencari seperti www.google.com memiliki kemampuan untuk melakukan pelacakan. Pelacakan tidak hanya berdasarkan kata kunci atau kategori tertentu, tetapi juga dapat berdasarkan frasa tertentu. Frasa merupakan suatu syarat yang dibentuk dengan beberapa kata.
Ketikanlah frasa pada kolom syarat pencarian.
Kliklah tombol Cari atau tekan tombol Enter.
Selanjutnya, lakukanlah pelacakan berdasarkan frasa yang kalian ketik.

By: Devi Chitasari 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian-bagian dalam lembar kerja Microsoft Office Word

Fasilitas Print Preview