Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses yang diperoleh seorang user ketika menggunakan internet adalah tidak mutlak sama dengan kecepatan yang ditawarkan oleh ISP. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet secara nyata, yaitu:
1. Media transmisi
  • Bahan perantara yang digunakan untuk menghubungkan komputer, baik komputer dengan komputer dalam jaringan lokal ( LAN), komputer ke ISP dan ISP ke Internet.
  • Jarak user ke user. Semakin jauh antara user dan server, maka waktu yang diperlukan untuk memperoleh akses juga semakin lama.
  • Cara penyambungan Internet. Sambungan internet dengan cara dial up adalah penyambungan melalui jalur telepon rumah. Secara ideal kecepatan sinyal telepon adalah 56 kbps. Sedangkan penyambungan  Internet  dengan cara broadband  atau wireless dapat memberikan  akses lebih cepat, yaitu sekitar 50 -90 kbps.
2. Kecepatan jaringan
Kecepatan jaringan ditentukan oleh topologi jaringan dan LAN Card. Jaringan yang menggunakan topologi ring memiliki kecepatan akses yang lebih lambat dibandingkan topologi star. Kemampuan LAN Card bervariasi.
3. Banyaknya user
Satu buah server dapat digunakan atau diakses oleh beberapa user. Jika banyak user yang mengakses satu server pada waktu yang bersamaan, kecepatan  akses jaringan akan dibagi rata kepada semua user, sehingga semakin banyak user yang mengakses satu website maka kecepatan  akses pun semakin  rendah.
4. Besarnya Bandwith
Besar Bandwith yang disewa ISP ke Backbone internet berpengaruh pada kecepatan  akses internet yang diterima oleh pelanggan. Semakin besar Bandwith yang dimiliki, semakin besar  kecepatan akses  yang  diterima. 
5. Kecepatan server
Kemampuan dan kecepatan server  akan berpengaruh  pada kecepatan akses internet yang dapat dinikmati oleh pelanggan. Semakin cepat server tersebut, maka kecepatan akses semakin besar.

By: Devi Chitasari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian-bagian dalam lembar kerja Microsoft Office Word

Fasilitas Print Preview